Prinsip manajemen mutu diturunkan dari pengalaman dan
pengetahuan kolektif para pakar internasional yang terlibat dalam komite teknis
(technical committee, TC) penyusun ISO 9001. Prinsip-prinsip ini dapat
digunakan oleh manajemen senior sebagai kerangka kerja untuk memandu organisasi
mereka menuju perbaikan kinerja. Ada baiknya kita mengetahui 7 Prinsip
Manajemen Mutu tersebut dan mulai mengimplementasikannya di perusahaan kita.
Berikut adalah Tujuh Prinsip ISO 9001:
1. Fokus
pada Pelanggan (Customer Focus).
Fokus Customer adalah prioritas
utama dari Sistem Manajemen Mutu.
2. Kepemimpinan
(Leadership).
Setiap pimpinan yang ada di
perusahaan memiliki peran sebagai pelatih yang memiliki target sesuai sasaran
perusahaan melalui pemberdayaan karyawan.
3. Keterlibatan
Semua Orang (Engagement of People).
Menciptakan dan memberikan nilai
lebih kepada Customer akan lebih mudah bila didukung oleh personal yang
kompeten, mampu diberdayakan dan terlibat di semua tingkatan di seluruh
Perusahaan.
4. Pendekatan
Proses (Process Approach).
Organisasi terdiri dari banyak
proses, sub organisasi juga terdiri dari banyak aktivitas, bagaimana memastikan
bahwa keterkaitan antar bagian menjadi suatu standard yang dipahami dan
dimengerti bersama bahwa proses yang benar akan menghasilkan produk yang benar,
sehingga rantai proses akan berjalan baik dan benar.
5. Perbaikan
dan Penyempurnaan (Improvement).
Perbaikan sangat penting bagi
sebuah organisasi untuk mempertahankan tingkat kinerja saat ini, untuk bereaksi
terhadap perubahan kondisi internal dan eksternal dan untuk menciptakan peluang
baru.
6. Pengambilan
Keputusan berdasarkan Fakta dan Bukti (Evidence-based Decision Making).
Pengambilan keputusan berdasarkan
analisis dan evaluasi data dan informasi memiliki kemungkinan yang lebih besar
untuk mencapai hasil yang diharapkan.
7. Manajemen
Hubungan Baik (Relationship Management).
Kesuksesan yang berkelanjutan lebih
mungkin dicapai ketika organisasi mengelola hubungan dengan semua pihak yang
berkepentingan untuk mengoptimalkan dampaknya terhadap kinerjanya.
More info:
PT. INDONESIA STANDAR MANAJEMEN
Patra Jasa Office Tower, 17th Floor,
Room 1704
Jl. Jend Gatot Subroto Kav 32-34 Kuningan, Setiabudi
Jakarta Selatan 12950, Indonesia
Jl. Jend Gatot Subroto Kav 32-34 Kuningan, Setiabudi
Jakarta Selatan 12950, Indonesia
E-mail : indonesiastandar@gmail.com
WA : 081281807070
Web : www.ismglobal.id
#iso45001
#iso45001healthandsafetymanagementsystem
#iso45001indonesia
#iso45001iso14001
#iso45001iso9001
#iso45001managementsystem
#iso45001occupationalhealthandsafety
#iso45001occupationalhealthandsafetymanagementsystems
#iso45001ohsas18001
#iso45001safetymanagementsystem
#iso45001tahun2018
#iso45001versi2018
#iso45001healthandsafetymanagementsystem
#iso45001indonesia
#iso45001iso14001
#iso45001iso9001
#iso45001managementsystem
#iso45001occupationalhealthandsafety
#iso45001occupationalhealthandsafetymanagementsystems
#iso45001ohsas18001
#iso45001safetymanagementsystem
#iso45001tahun2018
#iso45001versi2018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar